Senin, 16 November 2020

Apa Itu Handphone Satelit?

Apa Itu Handphone Satelit?

Sering masuk pertanyaan ke CNC virtual, sebenarnya apa itu handphone satelit? Apakah sama dengan handphone / ponsel biasa?, dan bagaimana cara kerja ponsel satelit?

Cara Kerja Handphone Satelit

Ponsel satelit adalah jenis handphone seperti ponsel pada umumnya. Namun pengiriman signal tidak seperti ponsel biasa yang menggunakan BTS, tapi ponsel satelit lansung melakukan komunikasi melalui / via satelit. Karena harus melalui satelit, biasanya ponsel satelit harus digunakan di luar ruangan (antena ponsel satelit harus menghadap ke langit / menghadap langsung ke satelit), kecuali jika kita memasang docking ke ponsel satelit yang kita gunakan.

Apa Itu Handphone Satelit?

Karena ponsel satelit langsung melakukan komunikasi via satelit, jangkauan handphone satelit biasanya jauh lebih luas daripada handphone pada umumnya. Namun kekurangannya seperti yang kita sebutkan tadi, ponsel satelit ini harus selalu digunakan di luar ruangan (kecuali kita memasang docking untuk satelit yang kita pakai). Biasanya jenis ponsel satelit ini kita gunakan di daerah-daerah yang tidak tercover oleh sinyal ponsel GSM, misalnya di hutan, di laut, dan daerah-daerah lainnya.

Jenis Simcard Buat Handphone Satelit

Pertanyaan berikutnya, apakah ponsel satelit ini menggunakan kartu SIM seperti handphone pada umumnya? Apakah jenis SIM GSM biasa bisa dipakai ke handphone satelit? Iya, ponsel satelit juga menggunakan kartu SIM, namun tentunya SIM buat handphone satelit beda dengan SIM handphone pada umumnya. Beberapa jenis simcard yang dipakai buat handphone satelit tergantung dari jenis handphone satelit yang kita pakai (ada jenis simcard: Thuraya, Inmarsat, Iridium, dll). Namun ada beberapa jenis ponsel satelit yang bisa menggunakan simcard GSM, tapi tentunya fungsinya cuma sebagai ponsel GSM seperti umumnya (untuk menggunakan fitur satelitnya, tetap harus menggunakan simcard satelit).

Apa Itu Ponsel Satelit?

Sering juga masuk pertanyaan ke CNC virtual, apakah telepon satelit bisa digunakan untuk menghubungi nomor GSM atau fix line (telepon rumah)? Tentu saja bisa teman. Mau telepon ke mana saja bisa, baik ke GSM, sesama ponsel satelit, interlokal, fix line, dll. Tidak terbatas jangkauannya, tentunya dengan biaya telepon yang lebih mahal dari ponsel umumnya.

Jenis-Jenis Handphone Satelit

Beberapa jenis ponsel satelit yang beredar di pasaran antara lain (mau tahu harga ponsel-ponsel satelit?, klik tautan ini: beberapa jenis ponsel satelit dan harganya):
  • Ericsson R190 (saat ini jenis ponsel ini tidak bisa digunakan, berhubung satelitnya bermasalah)
  • Globarstar
  • Inmarsat
  • Iridium
  • Thuraya

Jadi sudah jelas ya teman-teman, ponsel satelit itu serupa namun tidak sama dengan handphone pada umumnya. Beda dicara penggunaan dan cover signal-nya, beda juga di jenis simcard yang digunakan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita tentang apa itu ponsel satelit.

Jika teman-teman sobat CNC membutuhkan  jenis handphone satelit, boleh langsung kunjungi lokasi kami di:

CNC phoneshop
ITC ROXYMAS, lt dasar no 99-a
jl. Hasyim Ashari, Jakarta Pusat
tel: +6289677775534 (call only)
contact person: ROBET (08158305534)
contact by Whatsapp, klik: 08158305534
email: robb_llee@yahoo.co.id

Merasa kesulitan dalam mencari barang-barang / artikel di blog CNC virtual ini teman? Jangan gundah lagi ya, boleh langsung klik tautan (link) ini saja: kumpulan artikel dan barang-barang yang disediakan CNC virtual

15 komentar:

  1. hp satelit sangat membantu bagi kita yg sering berada diluar jangkauan gsm......apalagi seperti saya yg sering berada didaerah tertentu seperti melewati daerah tambang,hutan dan pantai, laut....mau beli tapi ga punya penghasilan yang cukup....karena saya punya gaji hanya cukup untuk membayar hutang....ingin juga punya penghasilan yg lebih....siapa tau bisa beli nanti.....

    BalasHapus
  2. Apakah handphone ato simcard satelit juga ada paket datanya ? Sehingga bisa di pake untuk internetan

    BalasHapus
  3. Apakah inmarsat bisa menggunakan kartu gsm

    BalasHapus
  4. Seperti yang anda jelaskan di atas Jenis telepon satelit apa yang bisa di gunakan dengan sim card biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa jenis ponsel satelit yang bisa menggunakan kartu GSM biasa seperti Simpati, Mentari, dll.. contohnya Thuraya XT Pro Dual, Thuraya X5 Touch, dll.. namun jika menggunakan kartu GSM biasa, fungsinya seperti hape biasa pada umumnya, tidak bisa menggunakan fitur satelitnya.. jika ingin menggunakan fitur satelitnya, tetap harus menggunakan simcard operator satelitnya..

      Hapus
  5. Bila saya menggunakan dual SIM, saat saya membuat gambar atau voice record atau video; apakah bisa saya transfer data itu melalui SIM satelit ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, boleh tau ponsel satelit yang dipakai tipe apa ya Kak?..

      Hapus
  6. Bagaimana cara isi ulang SIM telepon satelit? Apakah telepon satelit secure, supaya tidak bisa di sadap? Kalau pakai 2 telepon satelit utk saling menghubungi, jadi tidak akan lewat jaringan lokal (Telkomsel, XL, dll) ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kontak kami di 08158305534 utk pengisian pulsa Pak..

      Hapus
  7. Saya Menggunakan Aces R190 Apakah Masih Bisa di Günalan Kartu GSM Biasa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja gan dengan kartu GSM nya.. karena setahu kami banyak yang diblokir IMEI nya..

      Hapus