Selasa, 02 Oktober 2018

Let's Go Green

Let's Go Green

Go Green adalah segala tindakan atau perbuatan untuk menyelamatkan bumi dari segala kerusakan akibat ulah manusia, dimana cara penyelamatannya dilakukan dengan program yang menitik beratkan pada penghijauan lingkungan.

Konsep Go Green terdiri dari 4 R, yaitu: Reduce, Reuse, Recycle dan Replace. Berikut ini penjelasan dari pengertian 4 R tersebut:

Konsep Reduce Go Green
Reduce

Reduce:
Merupakan upaya untuk mengurangi pemakaian barang-barang atau material yang biasa kita gunakan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir bertambahnya sampah dari sisa-sisa material atau barang-barang yang kita gunakan.

Beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam rutinitas harian untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam, antara lain:
  • mematikan lampu saat tidak menggunakannya
  • matikan televisi jika tidak ada yang menonton
  • mengganti bola lampu dengan bola lampu yang lebih hemat energi
  • mengurangi pemakaian air dan mematikan keran air jika selesai menggunakannya
  • menggunakan shower untuk menghemat air
  • masukan sampah dapur dan sampah taman ke tumpukan kompos
  • memperbaiki item yang rusak atau aus daripada membeli yang baru
  • berjalan atau bersepeda saja jika ingin menempuh jarak perjalanan yang dekat
  • dan masih banyak hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam secara berlebihan

Konsep Reuse Go Green
Reuse

Reuse:
Merupakan upaya untuk menggunakan kembali barang-barang atau material yang bisa dipakai lagi (tidak hanya sekali pakai). Contoh paling konkretnya adalah penggunaan kembali kantong plastik kresek yang biasa kita gunakan. Sebab plastik merupakan bahan yang paling susah untuk diurai, dan merupakan musuh utama lingkungan saat ini.

Nah, beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untuk "Reuse" antara lain:
  • bawa sendiri tas belanja kita pada saat kita berbelanja
  • kompos sisa dapur dapat digunakan untuk membuat pupuk untuk taman dan tanaman kita
  • jika kita harus terpaksa untuk menggunakan plastik, styrofoam dan bahan sejenisnya yang susah diurai, jangan dibuang. Kumpulkan bahan-bahan tersebut dan berikan kepada pengepul barang-barang tersebut. Tentunya mereka akan dengan senang hati menerimanya

Konsep Recycle Go Green
Recycle

Recycle:
Konsep ini adalah dengan mendaur ulang sampah-sampah yang ada sehingga bisa digunakan kembali. Contohnya adalah sampah-sampah plastik, botol minuman, kertas, kaleng dan lain-lain, diolah kembali menjadi pernak-pernik atau bahkan perkakas dan perabot rumah tangga.

Konsep Replace Go Green
Replace

Replace:
Merupakan upaya mengganti barang-barang yang bisa merusak lingkungan dengan barang-barang lain yang berfungsi sama dengan material yang lebih ramah lingkungan. Contohnya adalah menggantikan plastik kresek untuk barang bawaan, digantikan dengan paper bag yang lebih ramah lingkungan

Gaya Hidup Go Green

Bagaiman teman-teman? Tidak susah bukan? Jangan hanya melihat dan menunggu saja. Ayo, mulai dari diri kita sendiri. Mari ikut berpartisipasi dalam program Go Green untuk lingkungan yang lebih baik untuk generasi yang akan datang.

SAVE OUR PLANET, NOW!

Merasa kesulitan dalam mencari barang-barang atau artikel di blog ini teman? Boleh langsung klik link (tautan) ini saja ya: kumpulan artikel dan barang-barang yang disediakan CNC phoneshop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar