Selasa, 27 Oktober 2020

Hati-Hati Dalam Menggunakan Mini Sim, Micro Sim dan Nano Sim

Berbagai Jenis Sim Card

Kalau dulu kita cuma mengenal simcard dengan ukuran standar (Mini Sim), maka sekarang ini kita bisa menemukan handphone dengan berbagai tipe simcard. Adapun ukuran-ukuran simcard yang dipakai oleh gadget sekarang antara lain:

Mini Sim Card
Mini Simcard

Mini Simcard
Ini merupakan ukuran simcard standar. Standar dalam arti kartu simcard yang dipakai sesuai ukuran simcard baru yang dikeluarkan oleh operator simcard. Jenis simcard ini merupakan jenis simcard yang dipakai pada hampir semua ponsel jadul (kecuali beberapa tipe handphone seperti Motorola StarTac yang masih menggunakan keseluruhan rumah simcard)

Micro Sim Card
Micro Simcard

Micro Simcard
Ini merupakan ukuran simcard yang lebih kecil dari ukuran Mini Simcard. Pelopor dalam menggunakan ukuran Micro Simcard ini adalah gadget-gadget keluaran Apple terdahulu (iPhone 4, 4s, dll).

Nano Sim Card
Nano Simcard

Nano Simcard
Ini merupakan ukuran simcard terkecil yang digunakan oleh banyak smartphone kini. Terkecil dan hampir dipastikan tidak adalah simcard yang lebih kecil dari ukuran Nano Simcard ini (karena ukurannya hanya tinggal konektor kuningan simcard-nya). Lagi-lagi gadget Apple merupakan pelopor dalam penggunakan Nano Simcard ini (iPhone 5, 5s, dll)

Konektor Simcard Patah
konektor sim patah

Nah, sesuai judul kita di atas, mengapa kita harus berhati-hati dalam menggunakan dan membedakan Mini Sim, Micro Sim dan Nano Sim? Berikut ini beberapa kejadian jika kita tidak menggunakan ukuran simcard sesuai gadget / handphone kita:
  • Sering dijumpai teman-teman memakai Micro Sim / Nano Sim pada handphone atau gadget yang memakai simcard ukuran Mini Sim. Sering dijumpai kita memakai Adaptor Sim untuk mengakali Micro Sim / Nano Sim agar menyerupai / menjadi Mini Sim. Sebenarnya hal ini sah-sah saja (banyak juga dijual Adaptor Sim di pasaran), namun kenyataannya, hal ini yang sering merusak konektor simcard di handphone kita. Ukuran yang tidak pas (presisi), mengakibatkan simcard menjadi nyangkut di konektor simcard pada saat simcard akan dikeluarkan dari handphone. Jika dipaksa, konektor simcard menjadi patah / rusak. Hal yang sepele memang, namun susah dalam pengerjaannya.
  • Sering juga kita jumpai teman-teman menggunting simcard ukuran Mini Simcard menjadi ukuran Micro Sim atau Nano Sim (dengan menggunakan Sim Cutter). Namun karena potongannya tidak rapi (presisi), simcard menjadi nyangkut di handphone / gadget sehingga susah dikeluarkan (terutama dijumpai pada produk-produk keluaran Apple). Gimana solusinya? Handphone harus dibongkar total untuk mengeluarkan simcard yang nyangkut di handphone
  • Simcard menjadi rusak atau tidak terbaca karena salah dalam menggunting Mini Sim menjadi Micro Sim / Nano Sim. Biasanya kesalahan pengguntingan menjadi penyebabnya (bisa karena kuningan simcard yang terpotong atau salah ukuran dan posisi dalam pengguntingan)
  • Handphone yang awalnya cuma rusak konektor simcard, bisa menjadi rusak parah jika kita salah dalam mengantisipasinya (bisa karena dibongkar atau diservis pada yang bukan ahlinya)

gunakan Simcard sesuai jenis handphone
jenis simcard

Jadi, bagaiman caranya agar kita tidak salah dalam menggunakan Mini Sim, Micro Sim dan Nano Sim?
  • Gunakanlah tipe-tipe Sim sesuai dengan ukuran simcard asli handphone / gadget yang bersangkutan. Jika memang sudah terlanjur digunting, boleh kiranya kita menuju operator simcard kita untuk mengganti simcard kita sesuai dengan ukuran simcard hape kita (biasanya nomer tetap sama, hanya simcard saja yang diganti)
  • Jika ternyata kita harus menggunakan Micro Sim / Nano Sim pada hape yang menggunakan Mini Sim, coba pasang ke konetor sim-nya tanpa menggunakan Sim Adaptor (dipas-in kuningan simcard ke konektor simcard handphone kita). Ingat, jangan sekali-kali coba menggunakan Sim Adaptor, karena sudah banyak kejadian konektor simcard menjadi patah akibat penggunaan Sim Adaptor. Jika kita memang terpaksa harus menggunakan Sim Adaptor, usahakan agar sisi-sisi dari Sim Adaptor-nya kita rapiin dulu dengan cutter. Sisi bagian luar dan sisi bagian dalam (tempat meletakkan simcard) harus kita rapiin. Cutter setiap bagiannya menjadi halus atau membulat
  • Untuk simcard yang kita potong dari Mini Sim (menjadi Micro Sim / Nano Sim), boleh kiranya kita rapiin bagian pinggiran potongannya (agar simcard tidak nyangkut di handphone kita). Boleh dengan menggunakan cutter, atau kikir mini. Usahakan agar simcard bisa masuk dan terpasang secara lancar di handphone kita (harus rata dan tidak ada bagian yang tidak rapi yang bisa mengakibatkan simcard nyangkut di handphone)

service centre handphone berpengalaman
handphone service centre

Lalu, bagaimana jika konektor simcard sudah terlanjur patah atau putus?
  • Harus segera dibawa ke servis centre atau teknisi servis yang berpengalaman (jangan sekali-kali mencoba memperbaiki sendiri jika tidak ahli. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada handphone / gadget kita). Dan ingat, kerusakan konektor simcard akibat pemasangan simcard yang tidak sesuai, tidak termasuk dalam garansi handphone (walau handphone yang kita beli bergaransi resmi 1 tahun)

Demikian keterangan cara penggunakan simcard yang bener. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman untuk mencegah kerusakan handphone kesayangan kita.


Hati-Hati Dalam Menggunakan Mini Sim, Micro Sim dan Nano Sim

Merasa kesulitan dalam mencari barang-barang / artikel di blog CNC virtual ini? Boleh langsung klik link (tautan) ini saja ya: kumpulan artikel dan barang-barang yang disediakan CNC virtual

4 komentar: