Sabtu, 02 Maret 2019

Membedakan Green Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla in Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony dan Dyed Chalcedony

Membedakan Green, Chrome, Chrysocolla, Chrysoprase, Dyed Chalcedony

Jumpa lagi sobat CNC. Kali ini CNC phoneshop menghadirkan artikel tentang batu permata lagi. Jadi buat penggemar batu permata, diharapkan dapat menambah pengetahuan kita tentang batu permata ya.

Kali ini CNC memberikan artikel cara membedakan Green Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla in Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony dan Dyed Chalcedony. Loh, emang kenapa harus dibedakan?. Hehe, karena keempat jenis batu tersebut kadang susah dibedakan satu dengan lainnya. Umumnya keempat jenis batuan yang disebutkan tadi memiliki warna dasar hijau. Hampir mirip satu dengan lainnya, sehingga kadang bagi mata awam, susah untuk dikategorikan jenisnya.

Membedakan Green Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony, Dyed Chalcedony

Sebelum memulai membedakan Grenn Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla in Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony dan Dyed Chalcedony, mari kita mulai bercerita dulu tentang Chalcedony. Chalcedony adalah sebuah nama yang diberikan kepala seluruh jenis Cryptocrystalline quartz, yang mineralnya terdiri dari kristal-kristal kecil silika yang menyatu dan membentuk chalcedony tersebut. Dapat diartikan bahwa chalcedony tidak terdiri dari satu kristal besar saja seperti halnya Macrocrystalline quartz (Citrine, Amethyst, Rose quarts, dll). Meskipun kristal-kristal yang membentuk chalcedony bisa dikatakan cukup rapat, tetapi tetap saja menjadikan batu jenis ini Pouros, yaitu berpori-pori sehingga dapat mudah menyerap, sehingga chalcedony menjadi batu yang paling sering dilakukan proses dyed atau pewarnaan.

Membedakan Green Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony, Dyed Chalcedony

Berikut ini cara membedakan Green Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla in Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony dan Dyed Chalcedony:
  • Green Chalcedony dan Chrysoprase Chalcedony keduanya memiliki warna hijau yang berasal dari Nickel Oxide. Untuk kedua jenis batu ini, membedakannya cukup mudah. Green Chalcedony memiliki warna hijau yang cukup murni dan intense, sedangkan Chrysoprase Chalcedony lebih mengacu kepada warna yellowish green atau biasa disebut apple green.
  • Dyed Chalcedony dapat dibedakan dengan jenis lainnya hanya dengan menggunakan Chelsea Filter. Green Chalcedony dan Chrysoprase Chalcedony tidak bereaksi menggunakan chelsea filter, sedangkan Dyed Chalcedony akan bereaksi dan berubah warna menjadi grayish atau pinkish. Yang mana Green Chalcedony dan Chrysoprase Chalcedony akan tetap berwarna hijau.
  • Chrome Chalcedony atau biasa disebut juga dengan Mtroloite memiliki warna hijau yang berasal dari Chromium. Cara membedakannya dengan jenis lainnya yang kita bahas adalah dengan menggunakan Chelsea Filter. Chrome Chalcedony akan bereaksi dengan chelsea filter dan berubah warna menjadi warna merah yang sangat kuat. 
  • Chrysocolla in Chalcedony memiliki trade nama di luar negeri sebagai Gems Silica, sedangkan di Indonesia nama bekennya adalah Bacan. Jenis chalcedony ini paling gampang dibedakan dengan jenis chalcedony lain yang sedang kita bahas. Perbedaan mencoloknya adalah elemen penyusun warnanya, yang memberikan warna blue-green, bluish-green, greenish-blue maupun green-bluea adalah copper.
  • Banyak penggemar batu permata yang rancu dan tidak tau, sebenarnya batu Chrysocolla in Chalcedony selain dihasilkan di Indonesia (khususnya daerah Maluku), juga dihasilkan di negara lainnya seperti: Filipina, Amerika Latin, Australia, Amerika dan masih banyak lagi.
  • Cara lainnya untuk membedakan jenis Green Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla in Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony dan Dyed Chalcedonya adalah dengan menggunakan Spectroscope.
  • Cara lainnya adalah dengan melihat Inclusi. Dyed Chalcedony biasanya bersih di dalamnya (inclusion free). Sedangkan jenis chalcedony lainnya yang kita bahas memiliki inclusi. Namun cara ini agak beresiko bagi yang belum berpengalaman.
Membedakan Green Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony, Dyed Chalcedony

Demikian beberapa cara yang bisa dipakai dalam membedakan Green Chalcedony, Chrome Chalcedony, Chrysocolla in Chalcedony, Chrysoprase Chalcedony dan Dyed Chalcedony. Artikel ini kami rangkum dari berbagai sumber yang bisa dipercaya.

Dan seperti biasa, jika sobat CNC ingin melihat koleksi permata kami, boleh langsung kunjungi lokasi kami di:
DR. Bacan
ITC ROXYMAS, lt dasar blok FA-9
Jl. Hasyim Ashari, Jakarta Pusat
Tel: +6289677775534 (call only)
contact person: ROBET (08158305534) (WA)
email: robb_llee@yahoo.co.id

Merasa kesulitan dalam mencari artikel / produk di blog CNC phoneshop ini teman? Boleh langsung klik link (tautan) ini saja ya: kumpulan artikel dan barang-barang yang disediakan CNC phoneshop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar